YTube


Trah Keluarga Wirjawan, Bukan Keluarga Biasa

Reporter: yts | Sabtu, 16 November 2013 10:24


Trah Keluarga Wirjawan, Bukan Keluarga Biasa
Keluarga Gita. gitawirjawan.com

AyoGitaBisa.com - Sejak duduk menjadi pejabat pemerintahan tahun 2009, nama Gita Wirjawan mulai sering menghiasi berita-berita koran, majalah dan media elektronik di Indonesia. Kegantengan menteri berusia 48 tahun berikut posisi strategisnya sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal hingga menjadi Menteri Perdagangan, membuat banyak orang bertanya keluarga macam apa yang telah melahirkan orang brilliant seperti dia?

Gita mengaku merasa beruntung lahir dari kombinasi pola asuh yang pas antara ayahnya Alm. Wirjawan Djojosoegito dan ibunya, Paula Warokka. Paula yang sangat concern dengan masa depan anak-anaknya adalah seorang ibu yang disiplin. Sedangkan ayahnya yang dokter justru dikenal sebagai orang yang 'easy going'.

"Ibu saya cukup bisa mendisiplinkan orang. Anak-anaknya benar-benar dididik agar berdisiplin. Kalau ayah lebih santai. Ini dua kombinasi yang bagus," ungkapnya dalam buku 'Gita Wirjawan, Sebuah Perjalanan.

Pendidikan menjadi prioritas pasangan Wirjawan-Paula. Namun mereka menganjurkan kelima anaknya menekuni hobi olahraga dan seni sebanyak mungkin.

"Orang tua sangat mendukung jika beraktivitas di luar sekolah," tutur pria peraih Master of Public Adminstration dari Kenedy School of Government, Harvard University ini.

Karenanya tak heran, lima anak mereka akhirnya menjadi 'orang' saat ini. Keluarga Wirjawan masuk dalam sederetan keluarga yang disebut sukses terkenal dan berprestasi. Majalah ekonomi Swa terbitan 22 Januari 2009, pernah memasukan trah Wirjawan dalam deretan kerluarga-keluarga luar biasa.

Dalam artikel disebut antara lain trah keluarga Wanandi, Sri Mulyani, keluarga Satar, keluarga Firmansyah dan keluarga dokter Noto Husodo Widodo. Mereka disebut sebagai produk unggul, bukan keluarga biasa. Kakak-beradik berhasil menorehkan nama mereka di posisi-posisi penting dan dikenal di Indonesia.

Gita, si bungsu, pernah menjadi orang nomor satu di JP Morgan Indonesia dan merintis usaha sukses bidang investasi Ancora International dan Ancora Capital.

Lantas bagaimana dengan kakak-kakaknya?

Dian Budiman Wirjawan adalah mantan Direktur Utama PT Danareksa, Wibowo Suseno Wirjawan mencatat prestasi pernah duduk sebagai Direktur Utama PT Jakarta International Container Terminal dan Dirut PT Terminal Peti Kemas Koja. Kakaknya yang lain, Rianto Ahmadi Djojosoegito pernah menjabat Wakil Presiden Direktur PT Allianz Life Indonesia. Satu lagi kakak perempuannya, Marina Tursin adalah partner dari perusahaan auditor, Pricewaterhouse Coopers (PWC).

[asa]

Prestasi atlet bulutangkis Indonesia begitu terasa, setelah Gita didapuk sebagai ketum PBSI. Saat final BWF World Championships 2013 di Guangzhou, China, Indonesia keluar sebagai juara dunia.




KOMENTAR

Gita Wirjawan
Gita Wirjawan
Gita Berani Lebih Baik

FOLLOW GITA