zQd0cuUuswhAowShYINW24mNzNzXu5FkXC0y1gVS

10 Cara Mengatasi Baterai HP Android yang Cepat Habis

Mengatasi Baterai HP Android yang Cepat Habis

Masalah baterai hp yang boros sudah bukan hal baru lagi bagi para pengguna Android. Tidak jarang mereka mengeluhkan akan kapasitas baterai Android yang sangat cepat habis, hingga rela melakukan segala cara demi mengatasi masalah tersebut.

Salah satunya dengan membeli baterai berkapasitas besar, dan harganya pun cukup mahal. Namun kamu tidak perlu khawatir, karena pada kesempatan ini saya ingin berbagi cara mengatasi baterai hp android yang boros, dan tentunya mudah serta ampuh.

Cara Mengatasi Baterai HP Android yang Cepat Habis

Cara Mengatasi Baterai HP Android yang Cepat Habis

Banyak pengguna Android yang bertanya-tanya, "Kapasitas batre hp besar, tapi kenapa bisa boros banget ya?".

Masalah seperti bukan hanya dirasakan oleh satu atau dua merk hp saja, melainkan hampir semua  pengguna Android dengan merk yang berbeda. Maka dari itu, simak ulasan berikut ini yuk!.

Cara Mengatasi Baterai HP Android yang Cepat Habis : Tanpa Menggunakan Aplikasi


  1. Gunakan HP hingga baterai benar-benar habis.
  2. Matikan dan cas hingga baterai penuh, disarankan agar melakukannya dimalah hari. (lakukan nomor 2 ini 3 sampai 5 hari).
  3. Untuk mengecek apakah baterai sudah terkalibrasi yaitu, saat baterai sudah di cas hingga penuh dalam keadaan mati, coba hidupkan, matikan dan hidupkan kembali. apabila presentase baterai berkurang banyak (lebih dari 2%) itu artinya baterai belum terkalibrasi.
  4. Lakukan ketiga cara diatas selama satu minggu, metode ini saya praktekan sendiri dan berhasil.

Cara Mengatasi Baterai HP Android yang Cepat Habis : Dengan Menggunakan Aplikasi

  1. Habiskan daya baterai sampai kurang dari 15%.
  2. Setelah itu, install aplikasi penghemat baterai, disini saya menggunakan Battery dr Saver, kamu bisa download di Playstore.
  3. Install dan buka aplikasi tersebut.
  4. Kemudian cas hp hingga benar-benar penuh.

Catatan :

Jangan pernah mencabut charger jika kondisi baterai belum penuh 100%, karena ini bisa menghalangi proses kalibrasi dari baterai. lakukan selama 6-10 hari dengan urutan yang benar seperti diatas.

Selain kedua cara diatas, saya menambahkan beberapa tips tambahan agar baterai android kamu lebih awet.

Tips Agar Baterai HP Android Tidak Boros


1. Jangan sembarang install Aplikasi

Yang pertama ini cukup riskan terhadap kesehatan baterai, jika kamu salah-salah menginstall aplikasi. Hal ini bisa membuat baterai hp kamu cepat habis dan bahkan bisa kembung alias rusak.
Cara Mengatasi Baterai HP Android yang Cepat Habis
Untuk itu, biasakan agar melihat-lihat akses perizinan apa saja yang dibutuhkan aplikasi saat kamu hendak menginstall.

Karena terkadang, ada aplikasi yang terus menerus melakukan ping lokasi dari android kamu. Jadi, alangkah baiknya kurangi aplikasi yang membutuhkan akses lokasi, atau setidaknya cukup matikan akses lokasinya saja.

2. Kurangi aplikasi berjalan di latar belakang

Terlalu banyak aplikasi yang diinstal pada ponsel juga sangat mempengaruhi daya tahan baterai loh. Karena terkadang, ada aplikasi yang berjalan sendiri dilatar belakang. Ini juga dapat membuat kinerja hp menurun, seperti lemot, dan berikut Cara Mengatasi HP Lemot.

Jika dalam waktu tertentu tiba-tiba baterai kamu sangat cepat habis, coba cek pada pengaturan >  baterai > penggunaan baterai.

Maka akan terlihat aplikasi yang membutuhkan daya paling banyak, silakan kamu uninstall atau cukup batasi penggunaannya dengan baik. seperti menonaktifkan aplikasi jika sedang tidak digunakan.

3. Persingkat timer screen

Kamu pasti juga tahu apabila layar terus-terusan menyala, dapat mempersingkat daya tahan baterai.

Penggunaan fitur layar mode never sleep ini biasa digunakan oleh mereka yang senang bermain gitar, karena akan kesulitan melihat chord dan lirik jika layar hp mati terus-menerus.

Namun, jika hp sedang tidak digunakan, alangkah baiknya untuk mengatur timer screen maksimal 30 detik. Itu karena terkadang kita lupa untuk menonaktifkan mode never sleep.

4. Disable aplikasi bawaan

Banyak sekali vendor smartphone yang membekali ponsel mereka dengan aplikasi bloatware. Terkecuali pada smartphone yang menggunakan os Android One.

Bisa kamu disable bloatware dengan cara masuk pengaturan > apps > pilih aplikasi > disable.

Jika kamu sudah melakukan root pada ponsel kamu, bisa gunakan cara uninstall bloatware di Android yang tidak berguna.

5. Jangan gunakan walpaper live


6. Matikan fitur motion & gestures

Contohnya yaitu pada fitur screen shot yang mana kamu cukup menggeser 3 jari dari bagian atas layar ke bawah.

Sebaiknya dinonaktifkan saja, karena fitur tersebut dapat memakan daya baterai cukup banyak.

7. Jangan gunakan auto brightness


8. Gunakan charger original

Vendor smartphone membekali ponsel mereka dengan charger bawaan pabrik tentu bukan tanpa alasan.

Ini karena mereka telah memperhitungkan daya listri dengan syarat seperti apa yang bisa digunakan charging baterai. Dan jika sobat salah-salah memilih charger, ini dapat berimbas pada hp yang mudah panas, jika sudah begitu, terapkan solusi untuk cara mengatasi HP panas.

9. Matikan akses lokasi


10. Tweak wifi

Terjadi pada smartphone samsung yang mana fitur dari samsung ini mampu melakukan scan saat ada jaringan wifi disekitarnya, meskipun kita tidak mengaktifkannya.

Cara mematikannya dengan masuk pengaturan > Wifi > more > always allow scanning > scan only while wifi is on.

Itulah sedikit tips dan trik untuk mengatasi baterai hp android yang boros. Jika ada saran lain seputar cara kali ini, silakan tinggalkan komentar.
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar