zQd0cuUuswhAowShYINW24mNzNzXu5FkXC0y1gVS

Cara Mengatasi HP Lemot, Cukup Dengan 10 Langkah Mudah

Cara mengatasi HP lemot

HP yang ngelag memanglah sangat menjengkelkan, apalagi saat sedang asyik digunakan, terutama saat bermain game. Tidak jarang bisa membuat kita emosi.

Nah, pada Tutorial kali ini, terbukti sangat ampuh karena sudah saya buktikan sendiri dibeberapa merk HP Android seperti Oppo, Xiaomi, Samsung, Vivo, dan masih banyak lagi. Sebelum berlanjut ke tutorial, alangkah baiknya jika kamu mengetahui apa penyebab yang membuat HP lemot.

Cara Mengatasi HP Lemot


Penyebab HP Lemot

Ketika saya menulis artikel ini, ada beberapa teman yang juga bertanya mengenai cara mengatasi hp oppo yang lemot, xiaomi, hp yang lemot setelah di root dan sebagainya. Namun dari semua pertanyaan tersebut, sudah saya rangkum menjadi satu kelompok yang menyebabkan hal itu bisa terjadi, diantaranya.
  • Terlalu banyak menginstall aplikasi yang bahkan tidak berguna atau jarang digunakan, kejadian seperti ini bisa membuat memori terbebani karena harus menampung data yang terlalu banyak.
  • Ram yang terlalu penuh, ini diakibatkan karena aplikasi yang terlalu banyak berjalan dilatar belakang sehingga membuat Ram harus bekerja ekstra untuk memproses semua aplikasi yang bekerja secara bersamaan.
  • Terlalu sering lupa untuk menutup aplikasi yang sudah tidak digunakan, kebanyakan dari kita hanya menutupnya dengan cara langsung menekan home, sehingga aplikasi belum benar-benar tertutup.
  • Ada virus yang tanpa kita sadari bersarang didalam sistem Android, ini juga mengakibatkan HP lemot karena sejatinya virus adalah perusak, paling riskan jika mampu masuk ke file sistem.
  • Baterai yang sudah tidak bagus, banyak yang belum mengetahui jika ternyata baterai juga berperan dalam pemrosesan aplikasi dan memori pada HP secara menyeluruh.
  • Sistem operasi yang lawas, hal ini tentunya sangat mungkin membuat HP lemot, karena sistem operasi yang masih lawas tentunya tidak mampu memproses kinerja aplikasi versi terbaru dengan baik.


Cara Mengatasi HP Lemot

Setelah mengetahui apa yang menjadi penyebab HP lemot, kita jadi bisa menentukan langkah untuk mengatasi maupun mengantisipasi hal tersebut. apa saja caranya? simak langkah demi langkah mengatasi hp lemot berikut ini.

  1. Jangan gunakan Ram terlalu penuh. Jangan gunakan aplikasi untuk multitasking terlalu banyak, karena ini bisa menyebabkan ponsel kamu bekerja lebih lambat. Terutama pada bagian Ram, tidak jarang hingga ada HP yang mengalami blank karena disebabkan Ram yang terlalu sesak.
  2. Perhatikan sisa memori penyimpanan. Layaknya Ram, memori penyimpanan internal maupun eksternal yang terlalu sesak juga dapat membuat kinerja ponsel jadi lemot. Hal itu dikarenakan ada banyak aplikasi dan data yang terus menerus berebut ruang memori, faktor ini juga mengakibatkan HP Panas. berikut Cara Mengatasi HP Panas, jamin langsung dingin.
  3. Uninstall aplikasi yang jarang digunakan. Banyak yang belum menyadari akan efek buruk dari terlalu banyaknya aplikasi yang diinstal, selain membuat HP lemot, ini juga dapat berpengaruh ke daya tahan baterai yang cenderung boros. berikut Cara Mengatasi Baterai Boros, langsung tahan 2 hari.
  4. Hapus Cache memori. Terlalu banyak data tidak penting yang tersimpan didalam memori internal juga dapat menyebabkan HP lemot. salah satunya yaitu Aplikasi, hapus cache dari aplikasi yang tidak memerlukan data cache seperti pemutar musik, kalkulator, kalender dan sebagainya. atau bisa dengan menghapus cache secara keseluruhan.
  5. Gunakan cukup 1 antivirus. Benar jika virus bisa menyebabkan kinerja ponsel jadi lambat, namun jika terlalu banyak antivirus yang digunakan juga bisa menyebabkan hal yang serupa.
  6. Scan dan hapus virus. Virus yang berbahaya bagi sistem dapat mengancam data penting dari folder root Android, bahkan jika virus dibiarkan terlalu lama, sangat mungkin akan menggerogoti file demi file penting dalam HP.
  7. Jangan gunakan HP sambil dicas. Hal ini sering dilakukan oleh banyak orang, dengan alasan karena mereka bosan jika harus menunggu terlalu lama untuk digunakan kembali sebelum baterai penuh 100%. Selain membuat HP panas dan lemot, ini juga sangat berbahya bagi kesehatan baterai.
  8. Matikan auto sinkron. Ini cukup berpengaruh pada kinerja HP, karena apabila fitur ini diaktifkan, ia akan terus melakukan sincroning data secara non stop, bahkan saat hp tidak digunakan sekalipun.
  9. Cas HP dalam keadaan mati. Ini bertujuan agar kesehatan baterai tetap terjaga sehingga kinerja ponsel pun tetap maksimal.
  10. Update sistem. Sistem android yang masih lawas dapat mempengaruhi beberapa fitur yang tidak kompatibel dengan versi tersebut.
  11. Factory reset secara berkala. Jika 10 cara diatas masih belum membuahkan hasil, kamu bisa melakukan factory reset, namun hal ini akan membuat seluruh data dalam ponselmu hilang. Lakukan fatory reset secara berkala saat dirasa HP sudah mulai ngelag.


Kesimpulan

Cukup banyak bukan?, yang menjadi penyebab hp kita bisa lemot, dari semua faktor tersebut bisa kita simpulkan bahwa yang menyebabkan hal ini terjadi adalah dari cara kita sendiri dalam menggunakannya. selalu cermati performa maksimal yang bisa ditampung oleh ponsel kita, jangan sampai digunakan secara paksa, bahkan sampai melebihi batas spesifikasi seharusnya.

Berdasar cara mengatasi hp lemot diatas, mungkin saja ada yang belum paham?, atau ada yang memiliki pendapat lain?, silakan agar meninggalkan komentar. sekian dan semoga bermanfaat.
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar