zQd0cuUuswhAowShYINW24mNzNzXu5FkXC0y1gVS

Penyebab dan Cara Mengatasi HP Panas, Langsung Dingin!

Penyebab dan Cara Mengatasi HP Panas

HP yang dalam kondisi panas memanglah sangat mengganggu kenyamanan saat digunakan. Dan yang menjadi pertanyaan, sebenarnya apa sih yang jadi penyebab hp cepat panas?.

Nah, untuk itu silakan kamu simak ulasan kali ini, karena telah saya bagikan beberapa penyebab serta cara mengatasi hp panas.

Penyebab dan Cara Mengatasi HP Panas

Penyebab HP Panas

Sebelum kita berlanjut ke cara mengatasi hp panas, alangkah baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab hp bisa panas, agar nantinya bisa diterapkan solusi yang tepat.

Faktor penyebab HP bisa panas itu ada 2, yaitu internal dan eksternal. Faktor internal biasanya berpusat pada baterai, dan eksternal bisa terjadi akibat suhu lingkungan.

Dan berikut ini, sudah saya uraikan beberapa penyebabnya.

1. Baterai yang bermasalah

Pada saat HP sobat terasa panas, cobalah untuk meraba bagian-bagian dari body HP yang terasa lebih panas. Jika itu berpusat pada bagian belakang, maka bisa dipastikan itu disebabkan oleh baterai.

Baterai yang sudah menurun kualitasnya bisa menjadi penyebab utama hp panas, itu karena baterai sudah tidak mampu bekerja dengan semestinya dibanding saat masih baru.

Biasanya ditandai dengan performa baterai yang sangat boros. Jika baterai sudah mengalami hal demikian, bisa diterapkan solusi dengan cara mengatasi baterai HP yang cepat habis.

2. Charger yang bermasalah

Penggunaan charger yang tidak sesuai dengan kapasitas arus yang dibutuhkan baterai tentu bisa menyebabkan baterai mudah panas. Terutama jika menggunakan spesifikasi charger yang memiliki arus output lebih besar dari yang seharusnya.

Selain menyebabkan HP panas, hal tersebut juga dapat berakibat baterai kembung, dan kemudian perlahan-lahan kondisi baterai bisa drop.

3. Faktor luar

Yang ketiga ini, bukan disebabkan dari komponen HP. melainkan dari lingkungan luar, seperti ruangan, suhu udara dan sebagainya.

Terutama jika HP sering terpapar langsung dibawah sinar matahari, selain membuat hp mudah panas dan baterai drop, hal tersebut juga dapat mengurangi sensitivitas dari touchscreen.

Silakan cermati Efek HP Terkena Sinar Matahari, Bisa Meledak.

Penyebab HP Panas

4. Jaringan tidak stabil

HP secara otomatis akan mencari sinyal ketika seluler dinyalakan. dan apabila ternyata sinyal dilokasi tersebut sulit, maka hal itu dapat menyebabkan HP panas, karena HP mengeluarkan kinerja lebih untuk terus melakukanscan sinyal.

Biasa terjadi jika ponsel disimpan ditempat tertutup, seperti kantong celana jeans, bawah bantal, lemari, serta dilokasi tempat yang memang tidak mencakup sinyal dari provider tertentu.

5. Penggunaan internet terlalu lama

Koneksi internet membutuhkan daya yang sangat banyak, sehingga dapat menyebabkan HP cepat panas.

Biasa terjadi pada HP yang menyimpan terlalu banyak aplikasi berjalan dilatar belakang, serta banyak dari aplikasi tersebut membutuhkan koneksi internet. Hal tersebut membuat baterai dapat berkurang secara drastis bahkan saat tidak digunakan.

Penggunaan game online yang terlalu lama juga dapat menyebabkan HP mudah panas, ini karena game membutuhkan GPU untuk mendukung kinerja serta koneksi internet yang secara terus menerus menyala.

6. Pengaturan tidak tepat

Pengaturan yang tidak sesuai dan berlebihan seperti kontras, akses lokasi, widget berlebih, penggunaan live walpaper, sangat mempengaruhi HP sehingga mudah panas.

Itu karena semua fitur tersebut membutuhkan daya baterai untuk bekerja lebih, sehingga membuat baterai boros.

Lalu apa solusi untuk mengatasi masalah tersebut?

Bolehkah mendinginkan HP di kulkas?

HP dimasukkan ke dalam kulkas dengan alasan untuk mendinginkan suhu HP tentu tidak dibolehkan, meski bagi kebanyakan orang hal tersebut adalah suatu yang lazim dan ampuh untuk mengatasi HP panas.

Namun, dari segi perawatan Smartphone, tentu hal tersebut tidak baik bagi kesehatan komponen ponsel.

Alasannya karena suhu dingin didalam kulkas dapat menyebabkan pengembunan, dan jika terlalu lama, maka akan membuat HP basah. dan tentu dapat membuat komponen-komponen yang ada didalam HP bisa korslet.

Bolehkah mendinginkan HP di kulkas

Selain itu, mendinginkan HP dengan cara dimasukkan kulkas juga dapat membuat kesehatan baterai bisa menurun secara drastis. Ini karena panas dari baterai dipaksa untuk dingin dengan waktu yang singkat, sehingga panas yang ada dalam baterai tidak mampu memuai dengan benar ke udara, melainkan hanya dipendam dengan suhu dingin.

Agar kamu tidak melakukan hal konyol diatas, maka dari itu simak beberapa cara berikut ini agar kesehatan dari HP sobat tetap terjaga.

Cara Mengatasi HP Panas

1. Jangan gunakan terlalu banyak aplikasi yang berjalan dilatar belakang

Aplikasi yang berjalan dilatar belakang ini dapat memberatkan kinerja RAM, yang mana nantinya akan berimbas pada penggunaan baterai sehingga membuat HP panas. Selain itu juga dapat membuat HP lemot, berikut Cara Mengatasi HP Lemot.

Aplikasi yang berjalan dilatar belakang biasanya berupa aplikasi sosmed, seperti facebook, whatsapp, instagram dan sebagainya. Cukup install aplikasi yang dirasa penting saja.

2. Jangan gunakan aplikasi pendingin HP

Aplikasi pendingin ini bukannya mendinginkan HP, justru malah memberatkan kinerja dari RAM, karena tentu aplikasi tersebut akan berjalan dilatar belakang seperti yang saya jelaskan diatas.

Cukup gunakan aplikasi pendingin bawaan saja, jika dari bawaan HP tidak ada, maka tidak perlu menginstall aplikasi pendingin. cukup ikuti saran selanjutnya.

Cara Mengatasi HP Panas

3. Hapus sampah dalam penyimpanan

Sampah yang terlalu banyak disimpan dalam memori, dapat menyebabkan HP mudah panas. Ini karena kinerja dari penyimpanan akan terbebani.

Yang mana seharusnya digunakan untuk menampung file dari aplikasi bawaan, malah harus berebut dengan aplikasi eksternal. apalagi jika ruang penyimpanan penuh, tentu dapat membuat suhu dari HP meningkat dengan cukup drastis dalam waktu singkat.

4. Hindari penggunaan HP sambil di cas

Ini sering dilakukan oleh mereka yang sangat hobi dengan game, namun tidak sedikit juga dari mereka yang tidak hobi bermain game tapi tetap mengoperasikan HP sambil di cas.

Hal itu dapat berakitbat tidak baik terhadap kesehatan baterai, seperti kembung, drop dan sebagainya yang kemudian bisa berimbas ke peningkatan suhu dari HP.

5. Jangan terlalu lama menggunakan case

Case atau pelindung body ini mengakibatkan pemuaian panas dari HP terhalang, sehingga tidak bisa terlepas ke udara.

Cukup gunakan case saat HP dioperasikan dengan pembebanan GPU serta RAM yang ringan, seperti sosial media, chatting, telpon dan sebagainya.

Lepas case saat ingin bermain game atau melakukan charging, ini dimaksudkan agar suhu panas dari HP tidak tertahan, dan dapat memuai lepas ke udara.

Itulah sedikit tips mengatasi hp panas, jika ada pertanyaan atau saran lain silakan tinggalkan dikolom komentar.
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar