zQd0cuUuswhAowShYINW24mNzNzXu5FkXC0y1gVS

4 Tips Ampuh Agar Tetap Produktif Meski Kerja Dari Rumah (Work From Home)

Tips Agar Tetap Produktif Meski Kerja Dari Rumah

Tetap Produktif Meski Kerja Dari Rumah (Work From Home)

Seperti yang kita tahu, situasi pandemi virus yang sudah berbulan-bulan lamanya menghantui dunia, kini memunculkan ide-ide baru. salah satunya yaitu dengan diberlakukannya Kerja Dari Rumah atau Work From Home (WFH). Namun yang jadi persoalan adalah, bagaimana caranya agar tetap produktif meski kerja dari rumah?.


Siasat yang harus dipikirkan ialah, bagaimana supaya kita tetap menghasilkan kinerja yang maksimal meskipun kerja dirumah?


Tips Work From Home

Bersama seteguk panas kopi sore ini, mari kita ulas tuntas macam-macam ritual jitu agar bisa selalu produktif dalam program WFH saat ini.

#Sedikit berbagi cerita, saya sudah menjalankan program Work From Home yang saya komandoi sendiri sejak sebelum mewabahnya corona. Saya memiliki penghasilan sampingan dari internet sejak tahun 2017, dan kemudian memutuskan untuk menekuninya pada Desember 2019 karena alasan tertentu.

Dan disaat program WFH ini diterapkan kepada seluruh masyarakat, lantas saya tidak begitu kaget karena saya memang sudah membuat program tersebut untuk diri saya sendiri sejak lama.

Meski begitu, tetap saja ada dampak negatif yang saya rasakan, saya jadi tidak pernah keluar rumah dan hanya bisa bolak-balik kamar. Kira-kira sudah 2 bulan lamanya. Agak stress juga sebenarnya, karena tidak bisa nongkrong bareng kawan-kawan.

Namun...

Percayalah, semua kejadian pasti ada hikmahnya, misalnya saja saya sendiri yang pada saat sebelum adanya kondisi seperti ini, saya masih agak lelet untuk mengerjakan kewajiban. Entah itu ibadah, kerja, mandi dan sebagainya. 

Namun dengan diberlakukannya lockdown dan WFH, saya jadi merasa On Fire dalam mengisi konten di blog ini secara rutin. Bahkan tidak jarang saya bisa menulis hingga 3 artikel dalam sehari penuh.

Mungkin dari anda semua masih ada yang kebingungan caranya agar tetap konsisten bekerja meski dirumah.

Untuk itu saya ingin berbagi sedikit tips supaya tetap produktif meski kerja dari rumah. Dan semua yang saya bagikan dibawah ini merupakan strategi yang saya sendiri menerapkannya. Mari simak ulasan berikut.


Tips Agar Tetap Produktif Meski Kerja Dari Rumah

  • Tips Produktif WFH #1 : Tetapkan dan Patuhi Jam Kerja Rutin Anda Setiap Harinya
Tips Agar Tetap Produktif Meski Kerja Dari Rumah
Strategi pertama yang saya gunakan agar tetap produktif yaitu dengan menjadikan jangka waktu kerja dirumah sama halnya dengan kerja ditempat biasanya. 

Tetapkan jam kerja tertentu dan usahakan untuk mematuhinya, karena pada 5-7 hari pertama mungkin akan terasa berat, namun hari berikutnya sudah terasa seperti rutinitas.

Anda bisa tetapkan mulai dari jam masuk kerja, misalnya saja jam 9 pagi. Anda harus berada didepan berkas kerja untuk siap menyelesaikan pekerjaan. Kemudian break makan siang, dan dilanjut kerja kembali pada jam 1 atau 2 siang hingga sore.

Meskipun kerja dari rumah, saya sudah membiasakan diri untuk mulai menulis pada jam 8 pagi, Dan selesai pada jam 11 siang, rehat sejenak untuk ibadah serta makan siang, kemudian dilanjutkan kerja kembali pada jam 1, dan selesai pada jam 4 sore. 

Lantaran saya memaksakan kegiatan tersebut secara berulang-ulang, hingga akhirnya, itu sudah menjadi kegiatan yang sulit terpisahkan dari aktivitas saya sekarang.

Poin pentingnya, apapun situasi dan kondisi yang terjadi, sangat bagus apabila kita selalu menjalankan jam kerja secara konsisten. Alam bawah sadar kita secara bertahap akan menangkap bahwa kegiatan tersebut wajib dilakukan. Itulah produktif.

Jangan pernah merasa seenaknya, walaupun kerja dirumah. Apalagi jika disambi dengan rebahan, wah... Itu sih Cuma bakal rusak mood serta prinsip awal kerja produktif.


  • Tips Produktif WFH #2 : Buat Tempat Kerja Pribadi dan Jadikan Senyaman Mungkin
Tips Agar Tetap Produktif Meski Kerja Dari Rumah
Ruang kerja yang saya maksud disini bukan berarti anda harus punya ruangan penuh AC serta properti-properti mahal layaknya dikantor, cukup menggunakan ruangan kamar, properti seadanya, lalu anda susun secara rapi dan senyaman mungkin.

Saya sendiri menggunakan kamar sebagai ruang kerja, yang mana didalamnya cukup hanya menggunakan meja belajar kecil, kipas angin, toples camilan, secangkir kopi serta beberapa puntung rokok sebagai kawan menggali inspirasi. Hehe.

Intinya buat ruang kerja anda senyaman anda sendiri, entah itu harus menggunakan meja dan kursi, atau cukup duduk dilantai. itu semua disesuaikan dengan kenyamanan kerja anda. 

Karena desain ruang kerja serta situasi didalamnya merupakan salah satu pendukung utama dari mindset kerja.


  •  Tips Produktif WFH #3 : Tetapkan Deadline
Tips Agar Tetap Produktif Meski Kerja Dari Rumah
Deadline yaitu target dari hasil kerja. Anda diharuskan untuk membuat rincian berapa target yang harus anda selesaikan dalam sehari, seminggu atau sebulan. 

Untuk memenuhi target secara optimal memang sedikit sulit pada awalnya, paksakan saja untuk bisa menyelesaikannya. Dalam kurun waktu satu atau dua minggu, maka deadline tersebut sudah menjadi rutinitas anda seperti biasa.

Buat deadline dengan menyesuaikan kondisi anda..

Misalnya saja, dalam sehari anda diharuskan untuk bersih-bersih rumah. Maka anda bisa dengan membuat deadline misalnya cukup 1 pekerjaan saja dalam sehari, dikerjakan setelah selesai melakukan bersih-bersih.

Namun untuk anda yang memang tidak memiliki kegiatan lain, gunakanlah waktu semaksimal mungkin untuk menyelesaikan deadline sebanyak mungkin.

Saya sendiri menargetkan pekerjaan harian saya yaitu, harus update 3 artikel dalam sehari. Maka bagaimanapun caranya saya harus bisa menyelesaikan deadline tersebut, dan sampai saat ini, itu sudah menjadi rutinitas biasa saya sehari-hari.

Saya bisa membuat 3 artikel dalam sehari karena saya merupakan full time blogger, yang mana tidak ada hal lain yang harus saya kerjakan selain menulis (paling hanya mainan gitar doang)

Dengan begitu banyaknya waktu kosong, maka saya manfaatkan untuk menyelesaikan lebih banyak pekerjaan daripada hanya tidur-tiduran saja.

Karena otak manusia biasanya sudah tersetting untuk bisa disiplin apabila ada deadline, jika anda tidak bisa membuat deadline untuk anda patuhi sendiri, anda tidak akan pernah bisa produktif.


  • Tips Produktif WFH #4 : Kunci Kerja Menjadi Aktivitas Wajib
Tips Agar Tetap Produktif Meski Kerja Dari Rumah
Diberlakukannya kerja dirumah bukan menjadi alasan anda untuk bisa bermalas malasan, rubah mindset tersebut jika ingin sukses. 

Kunci pekerjaan menjadi aktivitas wajib maksudnya yaitu, anda sebaiknya mampu menentukan serta memastikan untuk menyelesaikan 2 atau 3 pekerjaan untuk dilakukan esok hari.

Ini berguna supaya anda sudah siap serta mengerti benar apa yang harus anda selesaikan esok. 

Tidak harus menetapkan banyak pekerjaan untuk diselesaikan esok. Cukup 1 atau 2 dengan syarat, anda mengerjakan dengan serius dan optimal layaknya kerja ditempat kerja.

Saya sendiri dalam seharinya hanya mengunci 2 pekerjaan yang harus saya selesaikan.
Jam 9 hingga jam 11 : Riset topik serta mencari referensi untuk pembahasan artikel.
Jam 1 hingga jam 4 : Saya menulis semua yang sudah saya kumpulkan saat riset dan mencari referensi.

Sejak awal menekuni blog, saya hanya melakukan 2 aktivitas kerja itu saja. Mungkin saat malam hari saya memantau channel youtube pribadi, namun itu hanya kadang-kadang saja.

Dan semua yang saya kerjakan tersebut sangatlah berimbas besar bagi banyak faktor dihidup saya. Mulai dari terbangunnya kedisiplinan, rasa malas hilang, pengunjung dari blog tambah banyak, serta satu yang tidak luput dari ketiganya yaitu income saya bertambah.

Jika anda ingin produktif meski kerja dirumah serta terhindar dari faktor kegagalan finansial, lakukan keempat tips diatas dengan sungguh-sungguh. 

Paksa diri anda untuk mau mengerjakannya, maka secara bertahap, diri anda akan mulai terbiasa dan menganggap itulah rutinitas wajib dari tubuh anda. Yaitu bangun pagi, mulai kerja, dan akan berulang terus menerus setiap harinya.

Sekian tips produktif kerja dirumah yang bisa saya sampaikan, saya harap krisis akibat virus ini segera berakhir dan kita semua bisa berkegiatan seperti biasa.
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar