Kenali Proses Pembuatan Madu Murni

Madu murni merupakan cairan kental seperti sirup yang dihasilkan oleh lebah dan mempunyai banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Terutama di benua Asia dan Eropa, madu menjadi sangat penting dalam bidang kesehatan maupun kecantikan. Di Indonesia, banyak tumbuh-tumbuhan yang menghasilkan nektar, seperti bunga kopi, bunga vanilla, bunga cokelat, dan masih banyak bunga lainnya.

Oleh karena itu, Indonesia sudah dikenal sebagai negara pencipta madu murni. Tentu saja, di era sekarang sudah banyak merk madu yang bisa diperjualbelikan di supermarket terdekat Anda. Tetapi ada perbedaan kandungan gizinya. Madu murni banyak mengandung mineral, kalsium, dan vitamin C. Sedangkan madu buatan sudah mengalami proses penyaringan membuat kandungan gizinya menjadi berkurang.

Tahap Pembuatan Madu Murni
Berikut proses pembuatan madu asli, antara lain:
1. Mencari Nektar
Madu yang berkualitas tentu membutuhkan nektar yang berkualitas juga. Lebah mempunyai lidah seperti belalai, ini yang dinamakan proboscis, yang bermanfaat untuk menyedot nektar bunga. Kemudian nektar akan dikumpulkan oleh lebah pekerja ke dalam perutnya dan lebah ini akan membawa nektar tersebut ke sarangnya.

2. Mengisap Nektar
Perut lebah pekerja akan kembali disedot oleh lebah sarang menggunakan proboscis. Lebah pekerja akan melakukan perjalanan menuju sarangnya untuk bertemu dengan lebah sarang.

3. Menambahkan enzim
Setelah menyedot nektar dari lebah pekerja, lebah sarang akan mengubah nektar menjadi madu dengan cara menambahkan enzim dari perut dan mulutnya.

4. Madu Disimpan
Setelah menjadi madu, lebah sarang akan menyimpan nektar di dalam sarang ataupun suatu wadah tempat madu. Madu mentah biasanya mempunyai konsentrasi air yang sangat tinggi, sehingga harus melewati proses penyimpanan terlebih dahulu.

5. Madu Akan Dimatangkan
Setelah mengalami proses penyimpanan, kadar air dalam madu mentah akan berkurang menjadi 20 persen dengan bantuan enzim, kepakan sayap, suhu, dan lain sebagainya. Bentuk madu akan mengental. Sama seperti madu yang sering kita lihat di toko-toko, inilah yang disebut dengan madu matang.

6. Madu Akan Dilindungi
Setelah madu matang, lebah akan membentuk suatu lilin yang terbuat dari bagian bawah perut lebah dan akan disimpan. Kemudian, madu inilah yang akan dipanen oleh manusia.

7. Proses pengambilan madu oleh manusia
Untuk mengambil madu dari sarang lebah yang ingin dipanen, tim panen akan memanjat pohon terlebih dahulu. Sangat penting bagi tim panen madu menggunakan pakaian safety untuk melindungi diri dari serangan lebah. Juga harus menggunakan sarung tangan tebal, topi bertudung, dan pakaian terusan yang berlengan panjang.

Setelah berhasil mengambil sarang lebah, tim panen akan memulai penyaringan. Tujuan dari penyaringan ini adalah mengambil madu dan membersihkan lilin yang menutupi madu tersebut, bersamaan dengan menyingkirkan partikel lain yang tidak dibutuhkan.
Kemudian, tim panen akan menaruh madu tersebut di dalam mesin ekstraksi. Dan madu siap untuk diiris-iris sesuai dengan bentuk yang diinginkan.

Ingin Membeli Madu Murni Asli dan Original? Belanja Saja di JD.ID
Madu murni mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Dikatakan bahwa jika Anda mulai mengganti gula dengan madu, pemanis alami, maka Anda akan bebas dari penyakit seperti diabetes, kanker, dan penyakit berbahaya lainnya. Jika di dekat rumah Anda tidak ada yang menjual madu murni asli, tenang saja karena ada website jual madu asli JD.ID.

JD.ID menjamin 100% semua barangnya original dan juga untuk harga lebih murah dibandingkan Anda membeli produk secara offline. Jadi tunggu apa lagi? Yuk belanja madu murni asli di JD.ID!
Kenali Proses Pembuatan Madu Murni Kenali Proses Pembuatan Madu Murni Reviewed by Bocah Kakanakan on 01.38 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.